Manfaat Tumbuhan bagi Kelangsungan Kehidupan

Manfaat tumbuhan memiliki peran yang cukup penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Tumbuhan merupakan salah satu makhuluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan. Seperti halnya makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga melakukan berbagai proses untuk menunjang kehidupannya.

Klorofil atau zat hijau yang ada pada daun merupakan media yang berperan penting dalam proses pembuatan makanan pada daun atau yang lebih dikenal dengan fotosintesis. Dalam Biologi, tumbuhan digolongkan ke dalam oganisme multiseluler (oganisme bersel banyak). Ada lebih dari 350 ribu jenis tumbuhan tumbuh di bumi ini.

Tumbuhan memiliki sifat stasioner, yaitu tidak bisa berpindah dengan kehendaknya sendiri. Seperti diketahui, tumbuhan tidak bisa berpindah tanpa bantuan manusia. Namun sebenarnya beberapa alga hijau mampu berpindah sendiri (motil) karena flagelum yang ada padanya

BACA JUGA :
Obat pengencang payudara alami
Cara diet sehat dan cepat
Manfaat daun pepaya

Mengenal manfaat tumbuhan

Tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Tanpa tumbuhan, manusia dan makhluk hidup lainnya tidak memiliki sumber makanan dan udara yang bersih. Berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat tumbuhan bagi kehidupan.

1. Sebagai sumber makanan

Salah satu manfaat utama tumbuhan adalah sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan. Kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan seperti karbohidirat, protein, vitamin, lemak dan serat sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh manusia dan hewan. Kandungan tersebut akan berubah menjadi asupan gizi dan nutrisi yang membuat manusia kuat menjalani aktifitasnya sehari-hari karena memiliki energi. Tidak semua tumbuhan bisa dijadikan sebagai sumber makanan. Beberapa tumbuhan bahkan mengandung racun yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Batang, daun, buah, bunga dan akar merupakan bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan

2. Sebagai pembersih udara

Polusi udara yang berasal dari asap pabrik dan kendaraan bermotor banyak mengandung gas jahat seperti ammonia, sulfur dan karbondioksida. Tumbuhan memiliki tugas untuk menyerap karbondioksida sehingga dapat berfungsi sebagai pembersih udara. Selain itu, pada malam hari tumbuhan akan bekerja untuk memproduksi oksigen. Bisa disimpulkan bahwa tumbuhan berperan penting sebagai paru-paru semua makhuk hidup di bumi. Tanpa adanya tumbuhan, udara akan menjadi kotor dan manusia kekurangan oksigen untuk bernapas.

3. Sebagai material bangunan

Jika saat ini orang banyak membuat bangunan berasal dari semen, hal tersebut berbeda pada zaman dahulu. Zaman dahulu orang menggunakan kayu sebagai bahan utama untuk membuat bangunan. Beberapa kayu yang dianggap kuat dan awet adalah kayu mahoni, kayu jati, kayu albania dan kayu sengon. Namun demikian meskipun saat ini orang sudah banyak menggunakan bahan lainnya untuk membuat bangunan, peran kayu masih sangat penting disini. Kayu digunakan sebagai bahan untuk membuat pondasi dan kerangka bangunan.

Pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan
Mengingat fungsi tumbuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, maka sangat penting sekali untuk menjaga kelestarian tumbuhan. Saat ini banyak hutan dan lahan pertanian digusur dan diubah menjadi gedung-gedung bertingkat maupun perumahan elite. Bayangkan saja jika tidak ada tumbuhan sama sekali di dunia. Darimanakah oksigen yang kita gunakan untuk bernapas dihasilkan? Lalu apakah kita harus selalu memakan makanan yang berasal dari protein hewani? Penebangan hutan yang dilakukan sedikit demi sedikit lama kelamaan akan membuat tumbuhan habis tak bersisa. Sebagai manusia tentunya kita yang memiliki peran sangat penting untuk menjaga dan melestarikan tumbuhan mengingat sangat penting sekali manfaat tumbuhan.

Related : Manfaat Tumbuhan bagi Kelangsungan Kehidupan