Manfaat Buah - Buahan Bagi Tubuh

Manfaat buah tentunya sangatlah beragam tergantung jenis buah-buahan itu sendiri. Namun yang jelas, jenis buah apapun memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan. Dalam siklus makanan, buah merupakan bagian dari 4 sehat 5 sempurna.


Dimana porsi makanan sehat tidak akan lengkap jika tidak ada buah. Buah sangat baik untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Baik dalam bentuk salad buah, jus buah atau buah utuh. Bagi mereka yang diet, mengkonsumsi buah dan sayur sebagai makanan utama pengganti makanan pokok akan membantu mempercepat penurunan berat badan. Buah merupakan salah satu sumber vitamin bagi tubuh.

Dimana vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang proses metabolisme, mendukung tumbuh kembang dan menjaga kesehatan.

Kandungan yang terdapat dalam buah

Buah-buahan mengandung serat makanan yang sangat melimpah. Kandungan serat yang terdapat dalam buah berfungsi untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, menyediakan energi bagi tubuh serta menangkal lemak dan kolesterol agar tidak bersarang dalam tubuh.

Seperti diketahui lemak dan kolesterol akan memiliki dampak yang sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi karena termasuk ke dalam makanan yang rendah lemak dan kalori. Kandungan vitamin C,polifenol, vitamin E, zinc, selenium yang merupakan senyawa antioksidan sehingga membuat tubuh memiliki sumber antioksidan yang baik untuk menetralisir berbagai racun dan zat negatif lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat buah - buahan lainnya yang tidak banyak diketahui adalah dapat mencegah penuaan dini. Jika dilbandingkan dengan mereka yang tidak atau jarang mengkonsumsi buah, orang yang rutin mengkonsumsi buah setiap harinya akan memiliki kulit yang lebih segar sehingga terlihat lebih muda.

Manfaat buah yang sangat baik bagi kesehatan

Tidak bisa dipungkiri buah merupakan salah satu bagian terpenting bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat buah adalah sebagai sumber vitamin dan antibodi bagi tubuh. Bagi mereka yang berusia muda maupun sudah berusia lanjut, buah akan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menunjang berbagai proses yang ada di dalam tubuh dengan kandungan yang dimilikinya.

Mengkonsumsi buah secara rutin akan dapat memperkecil resiko terkena penyakit jantung, stroke dan serangan kerusakan hati. Bahkan beberapa buah tertentu memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya kanker. Bagi mereka yang memiliki darah tinggi juga akan sangat baik untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

Kandungan yang terkandung dalam buah dapat membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi. Kebugaran tubuh akan terus terjaga dengan kandungan mineral, vitamin dan nutrisi yang dimiliki buah.

Tidak akan ada habisnya jika berbicara mengenai manfaat buah-buahan bagi tubuh manusia. Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua jenis buah-buahan dapat dikonsumsi secara bebas. Hal ini akan berlaku bagi Anda yang sedang menderita sakit atau dalam proses pengobatan penyakit tertentu.

Seperti misalnya Anda memiliki atau sedang menderita penyakit darah tinggi maka sebaiknya hindari konsumsi buah durian. Buah-buahan sangat mudah sekali untuk ditemukan di sekitar kita. Harganya pun masih tergolong terjangkau.

Hanya beberapa buah saja yang memiliki harga cukup tinggi. Hidup sehat memang tidak harus mahal. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah setiap hari. Milikilah hidup yang lebih sehat dan bugar dengan rutin mengkonsumsi buah dan mengetahui Manfaat Buah.