4 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Tahukah Anda khasiat kulit buah manggis? Dari sekian banyak buah yang terdapat di dunia ini ternyata terdapat buah manggis yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Buah dan sayuran tentu memiliki khasiat dan manfaatnya masing-masing jika dikonsumsi oleh manusia. Buah manggis salah satunya. Buah ini kulitnya berwarna merah tua keunguan kadang cenderung berwarna coklat, agak keras kulit bagian luarnya dan di dalamnya lebih lembut berserat agak berwarna keputihan. Buahnya berwarna putih,memiliki rasa manis keasaman legit kesat khas tertentu, khas rasa buah manggis. Selain buahnya yang enak dimakan, ternyata kulitnyapun memiliki banyak khasiat, karena kandungan zat terdapat pada kulitnya tersebut jika dikeringkan.

Berikut kandungan apa saja yang terdapat pada kulit kering buah manggis,yakni antara lain ada anti inflamasi, ganaston, xantone yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker, mangostin, alfamangostin, betamangostin, vlavonoid epichatechin, tannin garcinon B, Mangostanol, Mangostenol, mangostenon A, mangostinon B, Tovophyllin B, trapezifolixanthone, anti mikroba, antioksidan juga serat.

Khasiat Buah Manggis

Manfaat Kulit Manggis


1. Mencerahkan Kulit Wajah Kulit wajah bisa dicerahkan dengan cara kulit kering buah manggis dihaluskan lalu dicampur madu atau yoghurt atau air jeruk, atau buah tomat atau alpukat yang dihaluskan,tergantung jenis kulit Anda, bagi yang berkulit kering bisa menggunakan campuran buah alpukat, sedangkan bagi kulit berminyak bisa menggunakan campuran air perasan jeruk, lalu dioleskan ke wajah dipergunakan sebagai masker,didiamkan beberapa saat lalu dibilas dengan air hangat.

2. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Lukanya

Jerawat dan bekas lukanya juga dapat dihilangkan oleh kulit buah manggis kering ini yakni dengan menggunakannya sebagai masker dicampur dengan perasan air jeruk atau tomat yang dihaluskan secara teratur. Kandungan anti inflamasi bisa mengatasi kulit yang mengalami jerawat. Pembentukan sitokin yang pro inflamasi pembuat radang pada  jerawat juga dapat dicegah.

3. Meremajakan Kulit

Kulit manggis juga dapat digunakan untuk meremajakan kulit dengan cara menggunakan bubuk kulit kering buah manggis sebagai scrub,bisa dicampur dengan sabun cair wajah pada saat menggunakannya.

4. Menghilangkan Kerut dan Menghaluskan Wajah

Jika dikonsumsi secara teratur bisa dalam bentuk teh yang diseduh misalnya maka kulit buah manggis dapat juga untuk menghilangkan kerutan dan menghaluskan wajah.

Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Selain di bidang kecantikan kulit buah manggis juga bermanfaat bagi kesehatan, antara lain untuk:

1. Mencegah Kanker

Kulit buah manggis yang mameluke kandungan xantone sangat bagus untuk mencegah kanker jika dikonsumsi secara tepat dan rutin. Senyawa xantonenya juga efektif untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Anti Alergi

Kulit manggis yang dikeringkan ampuh mengatasi berbagai jenis peradangan akibat anti inflamasi dalam kandungannya. Kulit manggis memicu produksi prostaglandin, guna membatasi kadar histamin dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi masalah alergi.

3. Mencegah Diabetes dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa kulit manggis mengandung alpha amylase, yang komposisinya sebanding dengan zat acarbose,sehingga dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kulit manggis juga disebut dapat menurunkan gula darah karena  mengandung asam tanic yang serupa dengan kandungan obat diabetes tipe dua. Proantosianidin kulit manggis mengandung vasodilatasi, anti inflamasi, antioksidan, antivirus, anti kanker, anti alergi,anti bakteri.