Rahasia Manfaat Daun Sukun

Manfaat Daun Sukun - Pohon sukun memiliki buah bernama buah sukun taukah sobat buah tersebut juga di sebut buah roti oleh orang eropa karena sukun memiliki bagian yg empuk seperti roti. Nama sukun dalam bahasa jawa yg artinya tidak berbiji pohon ini pada umumnya tinggi dan bisa mencapai 30 meter, Pohon sukun dapat menghasilkan buah sampai 200 buah per pohon selama satu tahun. Masing-masing buah mencapai berat 400-1200 gr, tapi ada pula varietas yang buahnya mencapai 5 kg. Di indonesia buah sukun biasa di jadikan panganan di goreng dan rebus.


Pohon sukun mempunyai batang besar dan agak lunak mempunyai getah yg lumayan banyak daun sukun  berbentuk seperti jari panjang dan lebar memiliki panjang 50-70 cm lebar 25-50 cm dan pertulangan daun sukun menyirip tebal dan permukaan kasar. Bunga pohon sukun berkelamin tunggal bunga jantan dan betina berpisah Bunga jantan berbentuk tongkat panjang disebut ontel, panjang 10 - 20  cm  berwarna kuning. Bunga  betina berbentuk bulat bertangkai pendek.




Daun sukun  mengandung zat  berkhasiat  seperti  saponin, polifenol,  asam  hidrosianat,  kalium,  asetilcolin, tanin,  riboflavin, phenol, quercetin, champorol dan artoindonesianin.

Mungkin Sobat Tertarik
Manfaat Daun Pepaya
Obat Penurun Berat Badan


Rahasia Manfaat Daun Sukun :

Menurunkan Kadar Gula Darah
Karena buah tersebut memiliki efek insulin dan dapat menurunkan gula darah sebagaio obat alami. Menurut Penelitian Hasil riset Euis Filaila, Sofa Fajriah, Puspa DN Lotulung, dan Andini Sundowo dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun pohon sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone.

Mencegah Peradangan
Cara mengobati peradangan dengan daun sukun. Ambil 1 lembar daun sukun cuci sampai bersih lalu di campur dengan air 5 gelas, masak sampai mendidih hingga menyisakan air 2,5 gelas, tambahkan air lagi dan saring air rebusan  yg sudah di campur. minum rutin tiap hari untuk hasil yg maksimal.

Dapat Mengobati Sakit Jantung
Setelah dilakukan riset uji oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, ternyata ekstrak daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mampu Menurunkan Kadar Kolestrol
Cara menurunkan kolestrol menggunakan daun sukun ambil daun sukun yg sudah kering sekitar 15 belas lembar dan jungle rebus bahan tersebut seperti membuat teh. dan  minum rutin setiap hari.

Masih banyak lagi sebagian manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh yg di sebutkan diatas hanya sebagian khasiat daun sukun semoga penjelasan daun sukun bisa membantu.