3 Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat

Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat dalam sehari - Pilek adalah infeksi viral yang yang menyerang hidung dan tenggorokan. Penyakit ini menyulitkan Anda untuk menjalani kegiatan sehari-hari.Umumnya, pilek bisa ditangani secara tepat  di rumah, tetapi kalau Anda mengalami pilek selama lebih dari dua pekan, Anda perlu berkunjung ke dokter untuk mengobati penyakit tersebut.

Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat

Cara Menyembuhkan Pilek Dalam Sehari


1. Menjaga dengan cara kekebalan tubuh :
Minumlah lebih banyak. Hidung meler dan demam membuat Anda kehilangan kelembapan tubuh. Pastikan Anda minum cukup air supaya tubuh tak dipaksakan untuk melawan pilek dan stres jasmani dampak dari dehidrasi.
  • Sebelum tidur, sediakan segelas air, jus, kaldu jernih, atau air limau hangat di dekat daerah tidur. Kalau tak dapat tidur lelap, Anda dapat meneguk minuman tiap kali terbangun dan mencegah dehidrasi sepanjang malam.
  • Hindari minuman mengandung alkohol atau kopi sebab keduanya justru dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Kalau Anda jarang buang air kecil atau mengeluarkan urin yang berwarna gelap atau keruh, kedua hal ini membuktikan bahwa Anda mengalami dehidrasi.
2. Tidurlah lebih lama. Kebanyakan orang dewasa memerlukan tidur selama 8 jam tiap malam dalam  keadaan sehat. Kalau Anda ingin melawan pilek, Anda mungkin perlu tidur lebih lama.
  • Berikan waktu untuk tidur siang. Saat rasa kantuk tiba, perasaan hal yang demikian adalah cara tubuh Anda memberi tahu apa yang diperlukannya.
  • Beristirahat secara penuh membantu cara kekebalan tubuh dan mendukung tubuh untuk melawan pilek lebih.

Mengontrol Gejala Pilek

Redakan tenggorokan yang gatal dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Temperatur air yang hangat akan meredakan tenggorokan yang sakit pengaruh batuk. elain itu, garam bisa membantu melawan infeksi.
  • Campurkan (minimal) ¼ sendok teh garam meja dengan segelas air sampai garam benar-benar larut (dan butir-butirnya tak lagi tersisa). Kalau Anda tak mempermasalahkan rasa asin dari garam, Anda dapat menambahkan lebih banyak garam untuk membuat larutan yang lebih kuat. Tengadahkan kepala dan berkumurlah.
  • Cobalah berkumur selama sekitar satu menit. Jangan telan air sesudah selesai sebab air hal yang demikian mengandung banyak bakteri dari tenggorokan. Muntahkan air ke wastafel {sesudah} selesai berkumur.
Cara mengontrol pilek diatas adalah untuk orang dewasa tidak diperuntukan pada anak kecil.

Cara Mencegah Pilek

1. Cobalah untuk sering kali mencuci tangan. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Anggota tubuh hal yang demikian adalah “gerbang masuk” untuk  segala virus pilek. Dengan sering kali mencuci tangan, Anda dapat mengurangi jumlah virus pada tangan.

Gosok tangan  menerapkan sabun di bawah air mengalir selama minimal 20 detik. Kalau tersedia, pakai produk pembersih tangan (hand sanitizer) berbahan dasar alkohol.
Cucilah tangan sesudah batuk, bersin, mengeluarkan ingus dari hidung, atau berjabat tangan dengan orang lain.

2. Perkuat {metode|cara} kekebalan tubuh dengan makanan bergizi. Umumnya, pilek tak akan menghilangkan nafsu makan Anda. Kalau Anda merasa bahwa pilek akan langsung menyerang, pastikan Anda menunjang tubuh dengan gizi yang diperlukan supaya tubuh konsisten sehat dan dapat melawan virus pilek.

Makanlah bermacam-macam buah-buahan dan sayur-sayuran supaya Anda menerima vitamin yang diperlukan.
Roti gandum utuh bisa menjadi sumber tenaga dan serat yang bagus. Temukan asupan protein lewat sumber protein yang sehat dan rendah lemak, seperti daging segar, biji-bijian, ikan, dan telor. Sedangkan Anda merasa lelah atau lesu, hindari konsumsi makanan yang telah diproses atau dikemas. Ada kemungkinan makanan seperti itu mengandung banyak gula, garam, dan lemak. Tipe makanan hal yang demikian akan membuat Anda merasa kekenyangan, tanpa memberikan nutrisi setara dengan gizi yang diperlukan.

Itulah ke 3 Cara Menyembuhkan Dan Menghindari Pilek yang dapat anda lakikan di lakukan