Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut sering menjadi permasalahan untuk setiap orang, walaupun bukan masalah medis yang serius akan tetapi bau mulut dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri karena khawatir bau mulut tersebut akan mengganggu orang lain. Jika Anda mengalami permasalahan bau mulut, Anda harus mengetahui cara menghilangkan bau mulut guna meningkatkan kepercayaan diri Anda kembali.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat


Bau tidak sedap pada mulut atau bahasa lainnya ialah halitosis dapat disebabkan dari berbagai macam faktor. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2007 dan 2013 persentase penduduk yang mempunyai masalah gigi dan mulut meningkat dari 23,2% menjadi 25,9%. Ada studi yang menunjukan bahwa sekitar 80% bau mulut disebabkan karena adanya permasalahan pada gigi dan mulut, seperti plak yang terdapat pada gigi akibat dari sisa makanan, gigi berlubang dan masalah pada gusi seperti radang gusi (gingivitis). Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting.

Penyebab Bau mulut

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya bau mulut selain dari permasalahan gigi dan mulut, makanan yang Anda konsumsi juga dapat menjadi penyebab terjadinya bau tidak sedap pada mulut. Berikut kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan bau pada mulut, diantaranya:

Mulut Kering

Kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut, hal ini terjadi karena kurangnya produksi air liur (saliva)  pada mulut. Saliva sendiri berfungsi untuk membersihkan mulut secara alami. Saat kondisi mulut Anda kering, maka kuman dan bakteri akan bersarang pada mulut Anda. Kuman dan bakteri ini yang menjadi penyebab utama bau mulut.

Merokok

Tembakau yang terdapat pada rokok memiliki aroma yang kuat dan tidak dapat dibersihkan dengan mudah pada mulut Anda. selain itu juga dapat menyebabkan noda pada gigi dan dapat mengiritasi gusi.

Tidak Menyikat Gigi

Tidak menyikat gigi dengan baik dan benar dapat menyebabkan bau mulut, hal ini karena bakteri penyebab bau dari sisa makanan yang tertinggal dapat menyebabkan bau mulut.

Selain beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut seperti hal di atas, bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti gangguan saluran pencernaan, diabetes, infeksi saluran pernafasan, gangguan hati, diet ketat yang menyebabkan kekurangan karbohidrat dan juga sinusitis.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami


Jika Anda sudah merasa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik namun bau mulut Anda tidak mau hilang, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini merupakan cara untuk menghilangkan bau mulut, diantaranya:
  • Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut Anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi
  • Menyikat gigi secara teratur, setiap 2 hari sekali
  • Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung gula yang tinggi
  • Mengunyah permen karet rendah gula
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Mengurangi konsumsi teh dan kopi yang berlebihan
  • Minum banyak air mineral, agar bakteri dan kotoran yang terdapat pada mulut dapat lebih mudah dibersihkan.
Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi. Sebisa mungkin hindari makanan yang memiliki bau menyengat yang dapat menyebabkan bau mulut seperti mengkonsumsi bawang-bawangan. Pilih cemilan atau buah yang mengandung kadar air tinggi di dalamnya seperti semangka, apel, dan wortel mentah. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut, namun hanya memiliki efek yang sementara saja jika Anda menggunakan obat kumur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh lagi cara menghilangkan bau mulut yang Anda alami, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih mendetail.